Kereta Api Kertajaya Sebagai Sarana Transportasi Semua Wilayah Jawa

06.47
Tahukah Anda kereta untuk jurusan dari timur ke barat? Kereta api kertajaya jawabannya. Kereta Kertajaya ini telah membuktikan kelebihannya dengan jangkauan operasi yang terpajang dan terlengkap khususnya di pulau jawa. Kereta Kertajaya mulai beroperasi di kota surabaya dengan jumlah operasi sebanyak 1 kali sehari. Operasi sehari hanya pergi dan pulang, tidak seperti pada bus besar dalam sehari bisa 2 – 3 kali operasi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa baca ulasan lengkapnya di bawah ini!


Histori

Kereta api kertajaya dahulunya memiliki nama khusus yakni Kereta Api Gaya Baru Malam Utara yang mulai beroperasi pada tahun 1978 – 2002. Jika gerbong kereta zaman dahulu hanya terbatas kini mulai ditambah dengan alasan jumlah penumpang semakin banyak, namun memang benar demikian adanya. Dicatat dalam sejarah transpotasi bahwa kereta api kertajaya merupakan kereta dengan jangkauan jarak terpanjang dan terluas. Dari kota Surabaya hingga kota jakarta bisa ditempuh dalam waktu 1 hari semalam, maka kereta ini hanya 1 kali saja jalan.

Kereta Kertajaya ini terdiri dari:

-       1 gerbong kereta Lokomotif CC206,
-       1 gerbong kereta makan pembangkit kelas Bisnis,
-       1 gerbong kereta makan pembangkit, dan
-       14 gerbong kereta kelas Ekonomi

Keseluruhan gerbong kereta Ekonomi yang berjumlah 14 buah ini mampu mengangkut kuota sekitar 1.400 an setiap harinya. Berhubung kereta gerbong kelas ekonomi ini jumlahnya banyak dan pasti penuh sesak maka orang sering menyebutkan dengan istilah “Keranjang”. Pesan tiket kereta kertajaya di Traveloka saja ini sudah terkenal untuk jurusan semuanya (Jawa Timur dan Jawa Barat). Andaikan Anda naik bus atau lainnya akan lebih nyaman dengan kereta karena kecepatannya 60 - 100 km per jam. Kereta dengan kecepatan stabil akan lebih hemat bahan bakar dan waktu.

Jangkauan dan Kelas

Kereta ini akan mengalami pemberhentian di stasiun besar di berbagai kota Pulau Jawa seperti:

-       Stasiun Lamongan
-       Stasiun Babat
-       Bojonegoro
-       Cepu
-       Randublatung
-       Ngrombo
-       Semarang Tawang
-       Weleri
-       Pekalongan
-       Tegal
-       Cirebon
-       Jatibarang
-       Haurgeulis
-       Bekasi
-       Pasarsenen

Untuk jadwal kedatangan Kereta Kertajaya rata-rata pada malam hari dan tiba di tujuan pagi (untuk area jauh). Jadwal pastinya bisa Anda lihat di aplikasi atau telepon langsung. Untuk informasi pastinya kereta ini berangkat dari stasiun pasar senen pada jam 14.00 dan tiba di stasiun pasar turi surabaya jam 01.40. Hampir 12 jam perjalanan dalam sekali berangkat dan jika Anda memakai bus bisa lebih panjang lagi ya.

Kelas untuk Kereta Kertajaya khusus kelas ekonomi dengan model seat 3-2 dan cukup nyaman selama perjalanan, tempat duduk berhadapan, ada pendingin ruangan yang bisa disetel, stop kontak untuk mengisi ponsel dan gerbong kantin selama perjalanan. Ada juga toilet yang nyaman dan bersih untuk setiap gerbong. Jika Anda menghendaki selimut dan bantal karena capai dan mengantuk bisa menyewa ke pihak gerbong depan. Biayanya tentu tidak mahal sekitar  Rp. 10 ribuan dengan jaminan kartu identitas, mengingat kejadian bantal hilang setiap kali diberikan secara gratis.

Tarif

Tarif Kereta Kertajaya ini tergantung dari sub kelas dan jarak tempuh, jika jarak tempuhnya panjang maka lebih mahal ya. Harga tiket untuk sub kelas P sebesar Rp. 150 ribu sedangkan untuk sub kelas C harganya sekitar Rp. 165 ribu. Jika Anda memesan tiket kereta untuk rute pendek maka tarifnya akan sedikit terjangkau yakni sub kelas P harganya Rp. 90 ribu sedangkan sub kelas C harganya Rp. 100 ribu. Pemesanan tiket bisa di aplikasi seperti traveloka atau Anda bisa booking via minimarket dan mendapatkan tiketnya. Tiket dari minimarket akan ditukar dengan tiket asli ketika Anda akan berangkat di stasiun.

Naik Kereta Api Kertajaya untuk jarak jauh sebaiknya booking tiket maksimal 2 jam sebelum keberangkatan, namun untuk waktu tertentu (liburan) biasanya 1 bulan sudah sold out. Untuk waktu hari raya pesan tiket kereta kertajaya di Traveloka saja bisa diperoleh 4 bulan sebelum hari H. 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔