Anda Harus Tahu Gejala Umum Pada Penderita Kepribadian Ganda

12.43
Dilansir dari Hellosehat, kepribadian ganda adalah gangguan psikologis, di mana seseorang memiliki dua (atau lebih) pribadi yang ada pada diri mereka. Kepribadian ganda atau juga dikenal dengan gangguan identitas disosiatif merupakan gangguan psikologis, di mana individu terpecah, sehingga akan memunculkan kepribadian yang lain. Tanda-tanda dari kepribadian ganda itu sendiri biasanya dapat dilihat dari ekspresi dari kepribadian yang lain yang muncul karena pribadi utama tidak bisa mewujudkan hal ingin dilakukannya.



Gejala Kepribadian Ganda.

Pengidap kepribadian ganda akan memiliki dua macam kepribadian. Saat kepribadian yang satu muncul, maka si penderita atau pengidap tidak akan ingat bahwa dirinya memiliki kepribadian yang lain, begitu pula sebaliknya. Kepribadian ganda tersebut terkadang dapat disertai dengan identitas yang berbeda pula. Misalkan, jenis kelamin yang berbeda atau nama yang berbeda. Perubahan kepribadian tersebut umumnya dipicu oleh kejadian yang mengingatkan pengidapnya pada peristiwa traumatis yang pernah dialami.

Akibat gangguan kepribadian serta gangguan ingatan inilah, pengidap kepribadian ganda sering kali mengalami gangguan relasi dengan orang lain di sekitarnya. Selain hal tersebut, pengidap kepribadian ganda juga bisa mengalami beberapa gejala lainnya yang pada kesempatan kali ini berhasil dilansir dari Halodoc, seperti:

  1. Akan merasakan kecemasan yang berlebihan.
  2. Terkadang merasa depresi.
  3. Sering kali mengalami gangguan tidur.
  4. Selalu berhalusinasi .
  5. Derealisasi yaitu merasa jika lingkungan sekitarnya tidaklah nyata.
  6. Depersonalisasi, merasakan jika tubuh dan pikirannya terpisah.
  7. Memiliki suasana hati yang berubah-ubah.
  8. Mempunyai keinginan untuk bunuh diri.
Penyebab dan risiko gangguan kepribadian ganda
Adanya trauma psikis tertentu menjadi pemicu kepribadian ganda. Trauma tersebut bisa saja berupa kecelakaan, bencana alam, pelecehan seksual, ataupun tindak kekerasan. Sebagai bentuk untuk mengatasi peristiwa traumatis yang dialami, secara tidak sadar otak pengidap kepribadian ganda berusaha untuk memisahkan memori buruk tersebut dengan kehidupan normal sehari-hari. Di mana pada istilah medis dikenal dengan istilah disosiasi.

Pengobatan kepribadian ganda.

Tujuan dari pengobatan kepribadian ganda yaitu untuk menghubungkan kepribadian yang berbeda-beda menjadi satu jenis kepribadian saja. Dengan demikian, pengidap gangguan kepribadian ganda diharapkan dapat kembali menjalankan fungsi dalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, pengobatan yang dilakukan harus bisa menolong pengidap kepribadian ganda untuk menyadari stress psikis yang dialami. Setelahnya, penderita berlatih menerima dan kemudian berupaya mengatasinya dengan bantuan psikiater.

Beberapa metode pengobatan.

-          Terapi kognitif perilaku merupakan terapi yang dilakukan dengan cara diskusi antara psikiater dengan pengidap kepribadian ganda yang bertujuan untuk mengubah pola pikir serta perilaku.
-          Terapi keluarga merupakan terapi di mana keluarga dilibatkan untuk memahami tanda-tanda pengidap akan berubah kepribadiannya.  Terapi ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu pengidap mengontrol dan menenangkannya.
-          Terapi seni merupakan terapi yang dapat berupa melukis, menyanyi, bermusik dan lain sebagainya. Terapi seni bertujuan untuk membantu pengidap dalam mengeksplorasikan pikiran dan perasaannya.
-          Obat-obatan anti depresan dapat digunakan untuk membantu meringankan gejala yang dialami kepribadian ganda, tetapi bukan sebagai terapi utama untuk mengatasi kepribadian ganda.

Lantas kapan pengidap kepribadian ganda harus memeriksakan diri ke dokter?
Jika seseorang di sekitar Anda atau terdapat anggota keluarga ataupun kerabat yang menunjukkan gejala seperti yang disebutkan di atas. Maupun tiba-tiba berperilaku tidak seperti biasanya, bisa segera diperiksakan ke psikolog ataupun psikiater. Untuk melakukan pemeriksaan tersebut, Anda bisa langsung membuat janji dengan psikolog atau psikiater.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔