Bisakah Bawang Merah Untuk Turunkan Gula Darah

21.02
Bawang Merah Untuk Turunkan Gula Darah.
Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan bawang merah. Apalagi bagi kaum ibu tentu bumbu dapur yang satu ini sudah menjadi bumbu wajib ketika memasak.



Bawang merah umumnya dibuat menjadi bawang goreng disamping sebagai bumbu dapur. Namun tahukah Anda bahwa bawang merah dapat menjadi obat diabetes?
Mari kita mengenal sekilas tentang bawang merah (Allium cepa L.). Ini merupakan tanaman bumbu-bumbuan yang sering digunakan sebagai pelengkap cita rasa masakan khas Nusantara. Bumbu yang satu ini juga telah dikenal sejak lama sebagai obat berbagai macam penyakit seperti cacingan dan wasir.

Selain itu dapat juga untuk mengobati masuk angin dan demam pada bayi dengan cara mengoleskannya bersama minyak kayu putih. Meskipun masyarakat awam belum mengetahui kandungan bahan aktif dalam bawang merah, namun secara empiris telah banyak orang membuktikan khasiatnya.

Adakah Khasiat Bawang Merah Untuk Turunkan Gula Darah?
Seorang ilmuwan asal India melakukan penelitian tentang pengaruh bawang merah terhadap gula darah. Penelitian ini menggunakan bawang merah baik yang dijus maupun yang masih utuh dengan berat 25-200 gram. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terungkap bahwa ternyata bawang merah mempunyai pengaruh terhadap kadar gula darah. Semakin banyak bawang merah yang dikonsumsi maka semakin besar pula penurunan kadar gula darah. Selain itu, tidak ada perbedaan khasiat antara bawang merah yang dijus dengan bawang merah mentah.

Para ahli sepakat bahwa, kemampuan yang dimiliki bawang merah dalam mempengaruhi metabolisme pelepasan insulin dan metabolisme gula dalam hati tidak diragukan lagi. Bahkan sejak tahun 1923 para ahli sudah meneliti adanya zat penurun kadar gula darah yang terkandung dalam bawang merah.

Perkembangan selanjutnya pada tahun 1960-an para ahli mengisolasi senyawa antidiabetes pada bawang merah yang selanjutnya dikenal dengan tolbutamide. Tolbutamide mempunyai cara kerja yang mirip dengan obat antidiabetes yang beredar di pasaran. Jika dikonsumsi, tolbutamide akan merangsang secara sintesis terhadap sel beta pankreas untuk menghasilkan insulin. Pada sebuah penelitian dikatakan bahwa satu dosis standar tolbutamide sama efektifnya dengan 77% ekstrak bawang merah.

Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa ternyata saat Tuhan menciptakan suatu penyakit, diciptakan pula ada obatnya. Tinggal kemauan manusia untuk selalu berfikir dan berusaha. Penggunaan Bawang Merah Untuk Turunkan Gula Darah merupakan salah satu buktinya. Selamat mencoba!
   

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔