Peranan Spesialis Gigi dalam Menunjang Kesehatan

21.17

Spesialis gigi adalah bagian dari ilmu kedokteran yang lebih menspesifikan pada gangguan mulut dan gigi. Dokter gigi lebih pada umumnya harus menamatkan pendidikan sarjana kedokteran gigi yang ditempuh setidaknya 8 semester. Tidak hanya berhenti disini, karena mereka masih dituntut untuk melakukan praktik di Rumah Sakit Gigi dan Mulut setidaknya selama 2 tahun, sekaligus telah berhasil melewati berbagai latihan yang diberikan dengan tepat dan benar. Sedangkan untuk melanjut pada spesialis diharuskan untuk menempuh pendidikan lanjutan.



Di Indonesia sendiri terdapat beberapa profesi lanjutan. Seperti: pertama, spesialis bedah mulut (SpBM) yang ditempuh sekitar 10 semester. Kemampuan yang harus dimilikinya berupa penanaman implan pada gigi, bedah rahang, operasi tumor yang berada pada leher, kepala, dan mulut. Bedah sendi rahang, dan lain sebagainya. Kedua, spesialis kedokteran gigi anak (SpKGA) ditempuh selama 5 semester. Sebagai seorang SpKGA mereka diharuskan mampu mengatasi semua kendala kesehatan gigi pada anak, memberikan edukasi kepada pertumbuhan gigi anak, membantu mereka mengurangi penyebab sakit gigi.

Ketiga, spesialis konserbasi gigi (SpKG) sama seperti SpKGA yang ditempuh 5 semester. Sedangkan untuk kemampuannya mereka harus paham menangani berbagai kendala gigi berlubang, melakukan penambalan gigi yang disesuaikan dengan kejadian. Melakukan perawatan gigi, fraktur mahkota gigi, dan lain sebagainya. Keempat, spesialis penyakit mulut (SpPM) mengonsenkan pada perawatan penyakit mulut, serta diagnosa kelainan non bedah. Kelima, spesialis prostodonsia (SpPros), ditempuh 5 semester. Konsen pada permasalahan restorasi gigi, sekaligus penggantian gigi yang hilang, serta keahlian lain yang berhubungan dengan jaringan lunak pada rongga mulut.

Kesehatan gigi menjadi pembicaraan yang tidak boleh terlewatkan. Hal ini berkaitan dengan banyaknya saraf yang terdapat mulut yang mampu menganggu metabolisme pada tubuh. Sehingga ada baiknya ketika Anda memeriksakan kesehatan mulut dan gigi secara teratur. Berikut tugas spesialis gigi yang perlu diperhatikan bagi kesehatan. Yaitu:

  1. Mengobati permasalahan mulut dan gigi sesuai apa yang dikeluhkan pasien.
  2. Memberikan saran kepada pasien mengenai perawatan mulut dan gigi.
  3. Memahami dan mampu melakukan prosedur operasi bedah pada gigi dan mulut.
  4. Memberikan pelayanan maksimal dengan memperhatikan perkembangan gusi dan gigi.

Tugas dan tanggung jawab dokter gigi ini semaksimal mungkin diberikan kepada setiap pasien. Kesehatan mencakup keseluruhan badan dan organ yang berada didalamnya. Ibarat sistem semua anggota tubuh saling terkait satu dengan lainnya. Sudah menjadi kewajiban manusia untuk menjaga dan merawat anugerah tersebut baik. Sedangkan berikut adalah gejala penyakit mulut dan gigi yang perlu Anda ketahui:

  • Gigi sensitif terhadap suhu yang dingin dan panas. Ketika Anda sulit makan karena gigi sensitif menjadi gejala gangguan terhadap gigi.
  • Mulut kering termasuk sebagai salah satu tanda buruk. Jadi, apabila keadaan ini dibiarkan begitu saja tanpa penanganan yang jelas biar merambah pada kerusakan mulut dan gigi.
  • Nyeri rahang yang tidak jarang membuatnya bengkak. Anda harus segera mengkonsultasikan kendala tersebut pada dokter gigi agar mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Radang gusi disebabkan oleh bakteri yang membuatnya infeksi. Gangguan ini juga membutuhkan turun tangan dokter gigi untuk mendapat perawatan intensif.
Spesialis gigi membantu Anda untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mereka akan berusaha memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara menjaganya. Edukasi ini termasuk langkah yang harus Anda lakukan dengan benar. Pasalnya, gigi dan mulut menjadi bagian vital yang menggerakkan saraf tubuh lainnya. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena masyarakat hanya perlu lebih memahami kebutuhan tersebut.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔