5 Tips Mengatasi Bau Badan yang Mengganggu

17.04

Mencium sesuatu yang tidak mengenakkan pasti mengganggu indera penciuman Anda, bahkan mungkin orang lain. Contoh bau yang tidak enak itu ialah bau badan yang disebabkan bau ketiak. Kondisi seperti ini tentunya bikin Anda jadi minder dong. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Cara mengatasi bau badan ini dapat Anda atasi dengan menggunakan deodoran yang sesuai dengan sensitifitas kulit Anda.




Tips Mengatasi Bau Badan

Kira-kira kenapa ya badan Anda bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap, khususnya di area ketiak? Jawabannya adalah karena tubuh Anda dilapisi dengan kulit yang memiliki kelenjar keringat, yakni ekrin dan apokrin. Keringat yang dikeluarkan tubuh Anda itu mengandung lemak yang mudah terurai oleh bakteri yang berbasis air. Oleh sebab itulah daerah ketiak, selangkangan, atau payudara mengalami bau yang tidak sedap.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi ini karena bisa diatasi dengan mudah. Mulai dari menghindari makanan dan obat tertentu, menggunakan deodoran atau antiperspiran, menjaga kebersihan tubuh, memilih pakaian yang tepat, dan memperhatikan menu makanan. Nah, untuk lebih jelas lagi bagaimana cara mengatasi bau badan, yuk simak uraian di bawah ini.

  1. Hindari Obat Tertentu
Bau badan atau bau ketiak sebenarnya hal yang wajar. Akan menjadi tidak wajar apabila produksi keringat Anda sangat berlebihan. Kondisi ini disebut juga dengan hiperhidrosis. Penyebabnya beragam, bisa karena penggunaan obat tertentu atau karena Anda mengalami stress.
Biasanya, kasus hiperhidrosis ditemukan karena orang itu mengonsumsi obat antidepresan dan obat hipertensi. Maka dari itu, hindarilah mengkonsumsi obat-obat tersebut demi kondisi badan yang kembali normal.

  1. Pakai Deodoran atau Antiperspiran
Cara mengatasi bau badan selanjutnya ialah dengan memakai deodoran. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana. Pasalnya, deodoran dapat menutupi bau tidak sedap pada ketiak Anda.
Deodoran berperan dalam menyebabkan kulit ketiak Anda menjadi asam. Sehingga mencegah terjadinya reaksi antara keringat dan bakteri. Dengan memakai deodoran, jumlah keringat pada ketiak Anda menjadi lebih sedikit dan baunya juga berkurang.

  1. Kebersihan Tubuh
Kurangnya menjaga kebersihan tubuh dapat mengakibatkan bakteri menempel dan sel kulit mati menumpuk. Akibatnya, kulit Anda menjadi kotor dan menimbulkan bau yang tidak sedap, khususnya di area ketiak. Solusinya, kebersihan tubuh Anda perlu ditingkatkan. Misalnya, yang tadinya mandi sehari sekali jadi dua kali. Kemudian gunakan sabun dan gosok kulit Anda hingga benar-benar bersih. Terakhir, bilas tubuh Anda menggunakan air yang mengalir.

  1. Pilih Pakaian yang Tepat
Mencegah dan mengurangi bau badan bukan hanya urusan kebersihan badan saja, namun Anda juga perlu memperhatikan pakaian yang akan digunakan. Cucilah baju Anda hingga bersih dan biasakan menggunakan pewangi pakaian. Kemudian jemur baju Anda di bawah sinar matahari secara langsung. Jika Anda tipe orang yang mudah berkeringat, sebaiknya gunakan baju yang berbahan dasar katun.

  1. Perhatikan Pilihan Menu Makanan Anda
Ada beberapa makanan yang menyebabkan tubuh Anda bau, terutama di bagian ketiak. Seperti bawang-bawangan, makanan pedas dan panas, dan minuman beralkohol. Agar terhindar dari bau badan dan bau ketiak, maka upayakan hindari makanan tersebut. Jika badan Anda terlanjur memiliki bau yang tidak sedap, maka kurangilah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut.

Nah, demikianlah beberapa tips mengatasi bau badan yang mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Cara mengatasi bau badan yang paling efektif sejauh ini ialah menggunakan deodoran. Cara pemakaiannya juga cukup simpel dan sederhana.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔