Jenis-Jenis Knalpot Motor Berdasarkan Posisinya dalam Kendaraan (Pecinta Motor Wajib Tahu Nih)

15.44

Jika kamu suka memodifikasi kendaraan, bagian yang penting banget untuk kamu perhatikan adalah knalpot motor. Walaupun sudah terdapat standar yang sama dari pabrik, namun bagi pecinta modif, pasti memiliki alasan untuk menggantinya dengan jenis yang lebih baru baik bentuk, fungsi, suara atau bahkan keunikannya. Maka tidak ada salahnya untuk mengenal terlebih dahulu jenis-jenis knalpot dalam kendaraan kesayanganmu.



Knalpot adalah salah satu bagian dari kendaraan yang sangat penting karena memiliki fungsi untuk membuang hasil pembakaran bahan bakar. Hampir semua kendaraan kini tidak mengeluarkan asap dari knalpot karena sistem pembakaran yang sempurna. Jika terdapat kendaraan yang masih mengeluarkan asap, maka bisa jadi terdapat masalah baik dalam sistem pembakaran ataupun pada pengeluarannya yaitu pada knalpot.

Terdapat beberapa perbedaan pada jenis knalpot sesuai dengan posisinya. Hal ini juga dipengaruhi oleh jenis motor. Perbedaan yang besar terletak pada jenis knalpot motor bebek dengan motor sport. Hal ini tentu disesuaikan dengan tipe pembakaran pada kedua motor tersebut yang jelas berbeda.

Jenis Knalpot Motor Berdasarkan Posisinya

Berikut merupakan uraian singkat mengenai jenis-jenis knalpot menurut posisinya dalam kendaraan :

1.    Side Exhaust
Jenis knalpot ini sangat umum ditemui pada motor yang terdapat di Indonesia. Bentuk knalpotnya dimulai dari mesin pembuangan pembakaran kemudian dilanjutkan ke arah samping kanan dan kiri motor. Jika di Indonesia terletak di sebelah kanan. Ini merupakan knalpot standar motor bebek dari pabrik.
Harganya yang ekonomis menyebabkan knalpot ini juga banyak dijual di pasaran. Ini adalah tipe yang sangat familiar, basic, dengan performa rata-rata sesuai dengan pola pembakaran yang tidak terlalu cepat.

2.    Undertail/Underseat
Jenis knalpot ini biasa ditemui pada motor sport. Bentuknya dimulai dari alat pembuangan pembakaran kemudian diarahkan ke belakang dibawah jok atau tempat duduk belakang. Jadi jika kamu mengendarai kendaraan dan di bawahmu terdapat knalpot maka jenis inilah yang dimaskud.

Jenis knalpot ini menambah kesan yang trendy dan sporty karena bentuk knalpotnya yang besar. Jika ingin mengganti knalpot jenis ini silahkan pertimbangkan kembali keuangan kamu karena jenis knalpot ini belum dapat untuk dikatakan ekonomis.

3.    Underbelly
Jenis knalpot motor ini berbeda jauh dengan dua knalpot yang sebelumnya. Jika knalpot yang pertama membuat motor terlihat standar pabrik, knalpot yang kedua membuat motor terlihat gahar dan sporty, maka knalpot yang ketiga ini membuat motor terlihat elegan. Jenis knalpot yang ramping, pendek dan peletakannya yang tersembunyi memang membuat motor terlihat rapi.

Bentuk knalpot dimulai dari mesin pembuangan bahan bakar kemudian berbentuk kebelakang. Jenis knalpot ini biasanya ditemui pada motor sport. Sehingga jika kamu berkeinginan untuk memodifikasi sesuai dengan standar motor sport maka persiapkan budget yang tidak sedikit. Bentuk knalpot yang seperti ini juga disesuaikan dengan model pembakaran yang cepat pada motor sport.

Demikianlah beberapa jenis knalpot motor berdasarkan posisinya dalam kendaraan. Jika kamu termasuk orang yang memperhitungkan untuk mengganti knalpot sebaiknya diperhatikan kesesuaian dengan jenis kendaraan. Karena knalpot yang tidak sesuai dengan mode pembakaran yang berlangsung, bukan hanya dapat menghambat kinerja mesin namun dapat juga menyebabkan kerusakan.

Selain itu, jika kamu memilih standar knalpot motor sport maka persiapkan dengan baik budget yang akan kamu gunakan, karena seperti kita ketahui berbagai spare part motor sport tidak dapat dikatakan ekonomis.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔