7 Makanan Bernutrisi untuk Mempersiapkan 1001 Hari Pertama Kehidupan

17.14

1000 hari pertama kehidupan buah hati sejak dalam kandungan hingga terlahir ke dunia merupakan anugerah bagi semua pasangan di dunia. Status sebagai orangtua akan segera datang setelah si kecil lahir. Demi mempersiapkan kelahiran buah hati yang sehat dan sempurna, orangtua wajib memperhatikan kesehatan dan nutrisi bayi. 



Sebagai seorang ibu, Anda wajib memberikan makanan nutrisi untuk berdua sejak trimester pertama. Apa saja? Yuk, simak 7 makanan bernutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin berikut ini!
1.                  Brokoli
Si rambut kribo berwarna hijau ini wajib masuk dalam daftar menu makanan ibu hamil. Brokoli mengandung serat, vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan janin. Tak hanya bisa memberikan nutrisi pada calon buah hati saja, brokoli juga bisa membantu tubuh dalam menyerap zat besi sehingga ibu hamil tidak mengalami masalah susah buang air besar dan mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah.

2.                  Bayam
Jenis sayuran hijau lain yang bagus untuk ibu hamil adalah bayam. Bayam mengandung zat besi tinggi dan asam folat. Asam folat sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin sejak awal kehamilan. Asam folat yang tercukupi bisa mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf dan mengurangi risiko preeklamsia. Melengkapi menu makan Anda dengan sayuran hijau ini juga bisa menghindari risiko persalinan bayi prematur.

3.                  Alpukat
Ibu hamil sering mengalami masalah susah makan, mual dan sembelit pada masa kehamilan. Keinginan makan buah yang segar sering terjadi untuk mengatasi penurunan nafsu makan pada trimester pertama. Sebagai pengganti nutrisi tubuh agar Anda tetap bugar, bisa mengkonsumsi buah alpukat. Kandungan antioksidan yang tinggi pada alpukat bisa membantu perkembangan otak, saraf, kulit dan jaringan bayi sejak ia dalam kandungan hingga terlahir ke dunia.

4.                  Ubi
Tidak doyan nasi? Anda bisa mencari solusi makanan yang bergizi dan mengenyangkan yaitu ubi. Ubi mengandung vitamin A cukup tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin A harian ibu hamil setiap hari. Konsumsi ubi sewajarnya bisa memenuhi vitamin A harian 10-40 persen, tetapi Anda tidak boleh mengkonsumsi vitamin A berlebihan yang berefek pada risiko bayi lahir cacat.

5.                  Kacang-kacangan
Sumber asam folat, serat, protein, zat besi dan kalsium ini merupakan nutrisi penting untuk 1001 hari pertama kehidupan. Sejak dalam kandungan, ibu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan hingga menyusui anak nanti. Mau kacang tanah, kacang polong atau kacang kedelai pun, sesuaikan dengan selera Anda saja!

6.                  Ikan salmon
Ikan salmon mengandung lemak omega 3 yang baik untuk perkembangan otak dan janin. Selain itu, ikan salmon mengandung vitamin D yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Hanya saja Anda tidak diperkenankan mengkonsumsi ikan salmon dalam kondisi mentah seperti sushi.

7.                  Produk olahan susu
Mau meminimalisir risiko persalinan yang kurang lancar? Anda bisa mengkonsumsi produk olahan susu seperti keju, susu probiotik dan yoghurt. Hindari komplikasi persalinan sejak awal dengan rutin mengkonsumsi produk olahan susu ya!

Selain itu, ibu hamil harus menjaga kesehatan dengan baik agar pertumbuhan bayi bisa sempurna. Istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak serta mengelola stress merupakan kunci kesehatan anak dalam kandungan sampai proses persalinan tiba. Deretan makanan bernutrisi di atas juga wajib masuk dalam menu makanan ibu hamil dan menyusui agar 1000 hari pertama kehidupan baik hati bisa terdukung maksimal. Anda jelas ingin memiliki bayi yang sehat, bukan?


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔