5 Langkah Sederhana Mencegah Penyakit Pneumonia

18.55

Penyakit pneumonia atau yang lebih dikenal dengan sebutan paru-paru basah merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi yang memicu inflamasi. Inflamasi tersebut terjadi pada kantong udara atau alveolus di salah satu bagian, bahkan mungkin keduanya. 



Serangan infeksi yang menyebabkan paru-paru basah ialah jamur, virus, atau bakteri pada sistem pernapasan. Paru-paru basah dapat dikatakan sebagai penyakit yang serius apabila terjangkit pada anak-anak atau penderita yang sudah lama.

Langkah Sederhana Mencegah Penyakit Pneumonia
Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mencegah penyakit paru-paru basah, salah satunya ialah menerapkan pola hidup yang sehat. Misalnya, tidak merokok, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, dan lebih banyak makan sayuran. Namun, pencegahannya tidak hanya itu saja, masih ada tindakan lain yang bisa Anda lakukan. Apa aja sih tindakan lainnya? Yuk simak uraian di bawah ini.

1.      Istirahat yang Cukup
Apabila Anda sudah positif terkena paru-paru basah, sebaiknya istirahat dulu yang cukup sampai gejala-gejala infeksi benar-benar sembuh. Upayakana jangan melakukan aktivitas normal dulu agar sistem imun Anda tetap optimal. Meskipun Anda sudah merasa baik-baik saja, badan Anda jangan sampai terlalu lelah dengan cara memaksakan diri. Badan yang terlalu lelah dapat membuat sistem imun Anda melemah dan infeksi bisa datang kembali.

2.      Menjaga Kebersihan
Jagalah kebersihan pada lingkungan Anda untuk menangkal terjadinya penyebaran kuman. Caranya dengan mencuci tangan secara rutin untuk menghindari penyebaran kuman dari satu orang ke yang lainnya. Buanglah sampah pada tempatnya, khususnya tisu atau alat pembersih yang Anda gunakan. Banyak kuman yang menempel pada tisu basah yang memungkinkan menyerang mulut dan hidung manusia.

3.      Menjalani Vaksinasi
Melakukan vaksinasi sangatlah penting agar Anda terhindar dari penyakit pneumonia. Vaksin sendiri dianggap cara yang paling ampuh dalam dalam upaya menghindari paru-paru basah ini. Vaksinasi ini harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat, khususnya menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Fungsinya untuk menolong Anda dalam mengurangi jumlah lendir atau dahak dalam paru-paru.

Vaskinasi harus dilakukan juga kepada anak-anak agar terhindar dari penyakit penumonia ini. Perhatikan vaksin yang diberikan kepada anak Anda, karena setiap rentang umur jenis vaksinnya berbeda-beda. Penyakit paru-paru basah yang menyerang anak-anak cukup berbahaya, maka proses vaksinasi harus dilakukan sedini mungkin. Namun jangan lupa konsultasikan juga pada dokter anak Anda.

4.      Mempertahankan Sistem Kekebalan Tubuh
Cara mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang paling utama ialah menjalankan pola hidup sehat. Misalnya dengan cukup beristirahat, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan rutin berolahraga. Bagi perokok, upayakan untuk segera dihentikan. Asap rokok dapat merusak paru-paru dengan cepat sehingga mudah terjangkit infeksi. Selanjutnya, hindari mengonsumi minuman yang mengandung alkohol. Kebiasaan yang tidak sehat dapat menurunkan daya tahan paru-paru Anda, sehingga lebih rentan terkeda paru-paru basah.

5.      Mengonsumsi Obat Sesuai dengan Anjuran
Jika sudah terkena penyakit pneumonia sebaiknya Anda konsumsi obat sesuai dengan anjuran yang diberikan. Minum obat tersebut secara teratur, misalnya dokter Anda menyarankan untuk mengonsumsi antibiotik, maka habiskan obat itu sampai sembuh tanpa terlewati. Apabila tidak dihabiskan, bakteri penyebab infeksi bisa datang lagi dikemudian hari.

Nah, demikianlah beberapa langkah yang sederhana dalam mencegah penyakit pneumonia dalam tubuh Anda. Pada dasarnya pencegahan lebih baik dilakukan sejak dini daripada mengobati. Karena pneumonia sendiri merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa lepas dari obat ketika dalam masa penyembuhan.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔