Diskusi Bertema Terobosan dan Sinergi Layanan Dasar di Kal-Sel Bersama FMB9

17.11
Menkominfo bersama dengan FMB9 mengadakan diskusi yang mengundang sejumlah media masa di daerah, mulai dari jurnalis televisi, surat kabar, dan media tidak resmi seperti blogger dan vlogger tepatnya kemaren pagi, tanggal 6 maret 2019, saya dan teman-teman blogger dan vlogger Banjarmasin diundang ke acara diskusi yang diselenggarakan oleh Forum Merdeka Barat 9 atau yang disingkat dengan FMB9, diskusi hari tersebut yang bertajuk Terobosan dan Sinergi Layanan Dasar (kesehatan, desa dan pendidikan).

Bagi yang belum tahu apa tersebut FMB9, FMB9 ialah sebuah forum yang diciptakan oleh Kemenkominfo untuk mencegah hoax yang tidak jarang terjadi di masyarakat, lagipula di era teknologi digital kini dimana masing-masing orang bisa secara bebas menyebarkan informasi yang didapatkannya ke distrik publik.

Wilayah ulasan FMB9 mencakup ekonomi, sosial, politik, budaya, pendidikan, teknologi,agama, hukum dan ham, lingkungan, dan olahraga. Dikarenakan FMB9 adalahforum sah yang dijalankan oleh pemerintah, makaresponden yang dihadirkan pada forum ini dapat dikatakan kredibel dan informasi yang diserahkan juga valid.

Seperti yang saya tuliskan di atas, pada tema acara kali ini FMB9 menyelenggarakan diskusi mengenai terobosan dan sinergi layanan dasar (kesehatan, desa dan pendidikan) urusan ini dibicarakan terutama di wilayah kalimantan selatan.

Pada forum tersebut saya hadir sebagai undangan dari blogger daerah bersama teman-teman dari blogger banua, ada beberapa pembahasan yang disampaikan pada saat itu, di antaranya adalah kesehatan, desa, dan pendidikan dengan tema acara 'Terobosan dan Sinergi Layanan Dasar di Kalimantan Selatan'. 

Acara hari itu dimulai dengan sambutan oleh Direktur Pengelolaan Ditjen IKP, ibu Siti Meiningsih, kemudian dilanjutkan dengan menghadirkan para responden sesuai dengan tema diskusi tersebut, diantaranya merupakan Deputi Bidang Koordinasi Penganggulangan Kemiskinan dan Perllingdungan Sosial, Kemenko PMK, Bapak Tubagus Achmad Choesni, Staf Ahli Menteri Bidang Aksesbilitas Sosial Kemensos, Bapak Marzuki Kepala Bappeda Kalsel, Bapak Nurul Fajar Desira, dan Pengamat Kesehatan, Muhammad Rudiansyah.

Materi kesatu yang disampaikan ialah dari Bpk. Tubagus tentang peningkatan kemiskinan di Indonesia, di antara hal yang unik adalah, di kalimantan selatan penambahan angka kemiskinan jauh di bawah angka nasional, urusan ini adalah salah satu prestasi yang patut di acungi jempol.

Dibidang kesehatan sendiri sudah tidak sedikit terobosan yang sukses di lakukan, contohnya laksana program 1 Desa, 1 bidan, 1 perawat, 1 berpengalaman gizi, dan 1 SKM. Sejak dijalankan tahun dari tahun 2012sampai 2018, program ini menemukan hasil positif dengan berhasilnya mengurangi angka kematian ibu dan bayisampai 11,04%.

Hanya saja menurut keterangan dari Bpk. Muhammad Rudiansyah, program ini harus terus ditingkatkan, sebab tidak gampang mengirim tenaga kesehatan 'yang mau' bekerja di pelosok-pelosok desa disebabkan adanyasekian banyak kendala yang mesti dihadapi.

Selain tersebut Pemerintah pun sudah menyiapkan program beasiswa kedokteran untuk mereka yang berprestasi dan tidak cukup mampu, diinginkan kedepannya anda dapat berlomba dengan alumni dokter-dokter asing.

Di samping menyediakan sekian banyak beasiswa sebagai penunjang akses pendidikan, Kalimantan Selatan pun sudah tidak sedikit meraih sekian banyak penghargaan

Dibidang desa terdapat yang namanya program PKH atau Program Keluarga Harapan. Pada PKH yang menjadi sasaranialah keluarga kurang mampu yang mempunyai kondisional kesehatan dan pendidikan, dapat dibilangpertolongan PKH merupakan pertolongan sosial bersyarat dari pemerintah supaya setiap masyarakat dapat memenuhi keperluan dasar.

Berdasarkan keterangan dari pak Marjuki, diinginkan dengan adanya PKH maka Keluarga Penerima Manfaat (KPM)bisa mengakses sistem edukasi dan kesehatan, dan ini terbukti terdapat penambahan pada konsumsi makananselama 3% hingga 6%, sementara pada kemudahan kesehatan penambahan terjadi 4% hingga 6%, begitu pun pada bidang edukasi yang pun mengalami penambahan terutama pada smp sebesar 9,5% dan SMA 8,8%

Dan terakhir saya sampaikan terima kasih guna FMB9 yang telah mengundang dan teman-teman blogger dan vlogger kalsel, semoga FMB9 dapat lebih maju kedepannya.

Acara ini juga bisa di saksikan secara lengkap melalui www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔