Baru Pertama Kali Ke Surabaya? Yuks Kita Rinci Apa Saja Yang Dibutuhkan!

02.06

Surabaya adalah salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Kota ini memiliki aktivitas yang cukup padat. Banyaknya gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan membuat kota Surabaya semakin ramai. Hal ini menarik perhatian para pengembang properti untuk mendirikan gedung-gedung apartemen yang baru di Surabaya. Sewa apartemen di Surabaya pun tidak semahal di Kota Jakarta. Anda bisa mendapatkan harga yang cukup murah dengan lokasi apartemen yang berada dekat dengan pusat kota.

Ketika Anda ingin memutuskan untuk tinggal di kota Surabaya, Anda harus memperkirakan biaya yang dikeluarkan ketika hidup di kota ini. Kota ini memiliki perguruan tinggi yang cukup banyak. Itulah mengapa orang yang tinggal di kota Surabaya bukanlah orang asli Surabaya saja. Sebagian merupakan pendatang.



Biaya Hidup di Kota Surabaya
Jika Anda berencana untuk tinggal di kota Surabaya baik untuk bekerja ataupun bekerja, Anda bisa menghitung biaya hidup di kota Surabaya terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih siap baik secara finansial. Kota yang memiliki fasilitas yang lengkap ini memiliki biaya hidup yang cukup tinggi.

1.      Biaya kuliah
Surabaya memiliki beberapa Universitas yang menjadi favorit bagi banyak mahasiswa dari seluruh Indonesia. Beberapa universitas tersebut antara lain adalah Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Airlangga, dan beberapa Universitas ternama lainnya.

Kisaran biaya kuliah di Surabaya hampir sama dengan biaya di Universitas lainnya. Setiap perguruan tinggi memiliki biaya yang berbeda-beda. Jika dirata-rata, biaya kuliah di Surabaya mencapai 500 ribu hingga 1,3  juta rupiah per bulannya. Namun, beda fakultas dan jurusan tentu beda pula biayanya. Jika Anda mengambil jurusan kedokteran atau hukum biayanya pasti lebih tinggi jika dibandingkan jurusan lainnya.

2.      Biaya makan
Surabaya merupakan kota terbesar di Jawa Timur. Biaya makan di kota ini tidak jauh berbeda dengan biaya makan di kota-kota Jawa Timur lainnya. Biaya makan kurang lebih 10 ribu rupiah per porsi makan. Jika dihitung, Anda akan membutuhkan 900 ribu per bulannya.

Jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa membeli makanan dengan harga 20 ribu per porsinya. Namun, dengan 10 ribu saja Anda bisa mendapatkan makanan yang lezat mulai dari nasi, lalapan, dan lele atau lauk lainnya. Supaya lebih irit, Anda bisa memasak sendiri. Jadi, sisa uang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan lainnya termasuk mungkin oleh-oleh nanti kalau kembali ke kampung halaman.

3.      Biaya transportasi
Setiap orang pasti membutuhkan transportasi untuk menuju ke tempat kerja atau tempat kuliah. Kecuali jika kebetulan Anda tinggal di tempat yang dekat dengan universitas atau tempat kerja Anda. Ini akan membuat biaya transportasi Anda menjadi lebih irit.

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, ini akan menjadi lebih irit. Anda hanya butuh untuk membeli bensin saja. Sementara itu, jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa memanfaatkan angkutan umum. Angkutan umum mulai dari bus kota, angkot, ojek online, hingga becak tersebar di kota Surabaya. Biaya transportasi mulai dari 4 ribu rupiah hingga 20 ribu rupiah tergantung dari jauh dekatnya tujuan yang Anda ingin capai.

4.      Biaya tempat tinggal
Tempat tinggal merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang. Anda bisa memilih untuk tinggal di kontrakan, kos, ataupun apartemen. Jika Anda memiliki saudara yang tinggal di kota Surabaya, Anda bisa menumpang untuk tinggal di tempat Saudara. Namun, banyak yang lebih memilih untuk tinggal sendiri di kos maupun kontrakan agar lebih nyaman

Terdapat banyak tipe tempat tinggal yang tersedia di kota Surabaya. Anda bisa memilih kos-kosan atau indekos dengan harga mulai dari 300 hingga 1 juta rupiah per bulannya. Untuk biaya kontrakan, Anda harus membayar mulai dari 3 juta hingga 7 juta per tahunnya

Supaya lebih irit, Anda bisa menyewa rumah kontrakan bersama sahabat dan teman Anda. Anda bisa mengajak 3 hingga 4 orang untuk tinggal di kontrakan yang sama. Jadi, nanti Anda bisa iuran untuk membayar kontrakan

5.      Biaya lainnya
Besar biaya lain yang harus dikeluarkan tergantung dari masing-masing individu. Jika Anda termasuk orang yang boros, maka biaya lain yang harus dikeluarkan pun akan menjadi lebih mahal. Begitu pula sebaliknya. Banyak orang yang bergantung pada jasa laundry. Jasa laundry di kota Surabaya berkisar mulai dari 6 ribu hingga 10 ribu rupiah per kilonya.

Untuk lebih hemat, Anda bisa mencuci baju sendiri. Anda hanya butuh sabun atau detergen saja. Kebutuhan lain seperti perlengkapan mandi, pulsa HP, atau pun biaya rekreasi tergantung dari masing-masing orang. Maka, biaya lain ini bisa membengkak atau pun bisa menurun sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika dihitung-hitung, biaya hidup di kota Surabaya kurang lebih sekitar 2 -  3 juta rupiah per bulannya. Biaya tersebut bisa berkurang dan bertambah sesuai dengan gaya hidup Anda masing-masing.

Tempat Wisata Murah di Bali
Setiap orang pasti membutuhkan liburan. Tidak usah khawatir, biaya liburan di kota Surabaya cukup murah. Anda bisa berlibur dengan mengunjungi berbagai tempat wisata murah meriah di kota ini. Berikut beberapa tempat wisata murah di Kota Surabaya yang bisa Anda kunjungi bersama teman dan sahabat.

1.      Taman Bungkul
Taman Bungkul terletak di Jalan Raya Darmo. Ini merupakan salah satu taman yang indah se Indonesia. Taman ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai taman terbaik di Asia pada tahun 2013. Kondisi taman ini sangat rapi dan bersih. Anda juga bisa menikmati fasilitas jogging track, skateboard track, Wi-Fi, dan ada pula teman bermain khusus untuk anak. Taman ini bisa dijadikan sebagai alternatif liburan yang murah dan asyik

2.      Tugu Pahlawan
Surabaya terkenal sebagai kota Pahlawan. Terdapat Tugu Pahlawan yang dibangun untuk menghargai jasa pahlawan yang telah gugur dari Surabaya. Monumen ini berada di Jalan Pahlawan Surabaya. Untuk masuk ke kawasan tugu Pahlawan, Anda hanya perlu membayar 5 ribu rupiah saja.

3.      Pantai Ria Kenjeran
Selain wisata Tugu pahlawan dan Taman Bungkul, Anda bisa mengunjungi tempat wisata alam Pantai Ria Kenjeran. Pantai ini berlokasi di Jalan Sukolilo, Bulak, Surabaya. Pantai ini menyajikan pemandangan yang sangat memukau. Ada fasilitas kolam renang, tempat pemancingan, hingga toko souvenir.

Siapkan diri Anda untuk tinggal di kota Surabaya mulai dari sekarang. Tinggal di kota Surabaya itu menyenangkan. Jangan risau dan khawatir akan biaya yang harus dikeluarkan. Semua itu bisa ditekan dengan cara hidup sederhana.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔