Tips Liburan Tahun Baru di Solo

16.48
Berlibur di Solo tidak berbeda jauh seperti berlibur di Yogyakarta. Solo atau Surakarta jaraknya sangat dekat dengan Yogyakarta. Bahkan banyak beberapa traveler yang mengambil tiket pesawat alternatif ke Solo terlebih dahulu baru melanjutkan wisata di Yogyakarta.



Kota Solo merupakan tempat tinggal Presiden Joko Widodo. Beberapa tempat wisata di kota Solo tidak berbeda jauh dengan tempat wisata di Yogyakarta yang sangat kental dengan wisata budayanya. Namun banyak juga beberapa tempat wisata baru dan tempat kuliner baru salah satunya yang paling hype adalah markobar. Wisata kuliner martabak yang dibuka oleh salah satu Putra Presiden Joko Widodo.



Untuk bisa menjelajahi beberapa tempat wisata di Kota Surakarta Tidak ada salahnya jika melakukan booking hotel murah di Surakarta lebih awal sebelum kehabisan. Ada berapa tips liburan tahun baru di kota Solo. Seperti apa saja tipsnya? Berikut ulasannya!

1. Siapkan Dana Sesuai Kemampuan

Kota Solo terkenal ramah terhadap wisatawan bahkan backpacker sekalipun. Untuk destinasi wisata keluarga pun, kota Solo menawarkan keramahannya tersendiri. Untuk urusan soal perut, kota Solo termasuk salah satu kota yang biaya hidupnya paling murah di pulau Jawa.

Sebagai informasi kamu masih bisa menemukan satu porsi makanan seharga Rp5.000 saja. Dengan harga seperti itu artinya untuk 1 hari kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dari Rp25.000. Jika dikalkulasikan dengan banyaknya anggota keluarga misalnya sebanyak 4 orang, artinya kamu membutuhkan kurang lebih sekitar Rp100.000 perhari untuk biaya makan selama liburan di kota Solo.

Akses Kota Solo sudah cukup baik. Infrastruktur pariwisatanya juga sudah cukup mendukung. Beberapa wisatawan memilih untuk datang ke kota Surakarta dengan menggunakan kereta api. Namun kamu juga bisa  menggunakan pesawat terbang dari Jakarta ke Bandara Adi Sumarmo, Solo.

2. Cari Hotel Murah di Surakarta

Untuk urusan hotel di Surakarta atau di kota Solo tidak perlu khawatir, pasalnya masih banyak penginapan murah dengan harga kurang dari Rp100.000. Namun, jika ingin merasa lebih nyaman kamu bisa memesan dengan mencari hotel murah di Surakarta melalui situs booking hotel online seperti Reservasi.com.

Sesuaikan budget dengan harga hotel di Surakarta. Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan jarak antara hotel dengan tempat wisata yang akan dikunjungi. Jika kamu menggunakan pesawat terbang atau menggunakan kereta api. Pastikan hotel kamu sudah memiliki fasilitas shuttle bus jika tidak ingin repot memesan taksi atau menggunakan kendaraan umum.

Namun jika kamu sudah merencanakan untuk menyewa kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat di Kota Surakarta, kamu bisa meminta penyedia jasa rental atau jasa sewa kendaraan untuk mengantar kendaraan rental kamu ke stasiun, bandara, atau hotel tempat kamu menginap. Pastikan kamu booking hotel bagus di Reservasi.com saat liburan tahun baru di kota Solo.

3. Wisata Kuliner, Makanan Khas Kota Solo

Kuliner tradisional di kota Solo tidak berbeda jauh dengan kuliner tradisional di kota Yogyakarta. Karena kedua kota ini memang saling beririsan. Namun ada beberapa kuliner khas yang harus kamu coba ketika berada di kota Solo.

Ada banyak makanan khas solo yang enak dan murah. Hanya nasi liwet kota Solo. Dengan harga sekitar Rp8.000 satu porsi, kamu sudah bisa sarapan nasi liwet di Solo. Selain itu kamu juga mungkin bisa mencicipi kuliner akulturasi budaya antara Eropa dan daerah setempat yaitu selat Solo. Selat solo merupakan beberapa sajian sayuran seperti buncis wortel tomat dan selada yang disajikan dengan kuah gurih dan nikmat, serta dilengkapi dengan topping daging yang menggugah selera. Cek juga hotel bagus di Reservasi.com yang dekat dengan tempat wisata kuliner khas di kota Solo.

4. Wisata Belanja Kota Solo

Kota Solo atau kota Surakarta juga dikenal dengan wisata belanjanya.  Ada banyak tempat wisata belanja di kota Solo misalnya seperti pusat grosir Solo di Jalan Mayor Sunaryo atau Pasar Klewer yang dikenal sebagai pusat penjualan batik kota Solo.

Kawasan wisata belanja Kota Solo juga tidak terlalu jauh dengan beberapa tempat wisata misalnya seperti benteng Vastenburg atau alun-alun kota Solo. Selain itu di Pasar Klewer terkenal beberapa wisata kuliner seperti brambang asem Bu Suparmi, pecel gendar, atau tengkleng Bu Edi yang sangat terkenal cepat habis.

5. Transportasi di Kota Solo

Ada beberapa alternatif transportasi di kota Solo yang bisa kamu gunakan untuk berwisata. Misalnya bis tingkat Werkudara yang digunakan untuk berwisata keliling kota Solo. Dengan menggunakan bis tingkat ini kamu bisa mengelilingi kota Solo dengan harga kurang lebih Rp20.000 perorang.

Jika ingin merasakan transportasi modern di kota Solo kamu bisa menggunakan railbus Batara Kresna yang melayani rute dari Solo Purwosari hingga ke Wonogiri. Setelah itu kamu bisa kembali lagi dengan menggunakan kereta yang sama di kota Solo.

Jika kamu sudah akrab dengan menggunakan Transjakarta di ibukota, kota Solo memiliki batik Solo Trans. Ada beberapa koridor yang dilayani oleh batik Solo Trans mulai dari Bandara Adi Sumarmo hingga akses menuju Terminal Kartasura.

Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔