Ini Dia Cara Menghemat Biaya Pernikahan

15.36
Menikah adalah prosesi sakral yang diidam – idamkan pasangan. Tetapi, banyak pula biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan pernikahan. Sebagian orang beranggapan untuk apa mengeluarkan banyak biaya untuk pesta pernikahan, lebih baik biaya disimpan untuk memasuki tahapan rumah tangga. Tetapi ada pula yang berpikiran menikah satu kali dan ingin mengadakan pesta yang tidak biasa – biasa saja. Anda bisa mewujudkannya dengan menghitung dengan cermat rincian biaya pernikahan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya pernikahan :

Mengklasifikasikan tamu undangan

Pernikahan identik dengan mengundang ratusan hingga ribuan tamu, yang mungkin mempelai sendiri tidak mengenali tamu tersebut karena itu adalah tamu dari orang tuanya. Ada beberapa klasifikasi tamu yang disiapkan agar lebih mudah memangkasnya. Karena tentunya, semakin banyak tamu yang diundang akan semakin besar biaya yang dipersiapkan.

Daftar tamu pertama yang harus diundang adalah keluarga, misalnya sesepuh. Setelah keluarga, lingkungan tetangga sekitar dari kedua mempelai, pilihlah yang terdekat. Selanjutnya pilihlah teman terdekat atau kolega dan rekan bisnis yang biasa berinteraksi dengan mempelai. Jika ada teman yang tidak diundang, beri pengertian jika pesta ini adalah pesta keluarga. Sedangkan untuk teman atau kolega, Anda bisa menggunakan undangan elektronik atau memakai satu undangan saja untuk satu divisi.

Rencanakan lebih lama

Semakin lama waktu yang digunakan untuk persiapan pernikahan, maka akan semakin banyak biaya yang bisa dikurangi. Misalnya pemesanan gedung akan menggunakan harga yang lebih murah, jika jauh – jauh hari memesannya. Waktu persiapan yang lama juga dapat membuat calon pengantin mencari - cari vendor dan kebutuhan pernikahan lainnya dengan harga yang sesuai dengan kantong, tetapi tetap dengan kualitas maksimal. Kartu undangan atau souvenir juga akan lebih murah jika Anda tidak memesannya dalam waktu dekat.

Hindari pula tanggal yang banyak diinginkan orang untuk menikah, ini untuk mengantisipasi kenaikan harga. Terkadang vendor akan menaikan harga di tanggal yang mudah diingat atau tergolong pada tanggal cantik. Peningkatan harga ini juga dilakukan agar tidak terlalu banyak permintaan pada vendor. Selain itu, menikah di hari kerja juga bisa menjadi solusi untuk menghemat biaya karena harga yang ada biasanya lebih murah daripada akhir pekan.

Berhemat dengan dekorasi sederhana

Biasanya, dekorasi ruangan pesta akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, memilih tempat pernikahan yang sudah mempunyai dekorasi interior cantik dan menawan bisa menghemat budget Anda. Atau Anda bisa memilih dekorasi ruangan yang sederhana tetapi tetap terlihat elegan.

Berpegang teguh dengan konsep sederhana

Tips selanjutnya adalah berpegang teguh pada konsep. Jika Anda menginginkan pesta dengan konsep sederhana, maka kesederhanaan itu harus benar – benar Anda pegang. Semakin banyak detail yang ingin dikerjakan, maka semakin banyak usaha serta biaya yang harus dikeluarkan. Misalnya dalam hal undangan, daripada menggunakan kertas dan kemasan khusus, lebih baik menggunakan format undangan yang lebih sederhana, dengan kertas biasa tetapi bisa memberikan kesan elegan dan tidak murahan.


Itu dia beberapa cara untuk menghemat biaya pernikahan. Karena sesungguhnya yang terpenting dalam pernikahan adalah kesakralan dari prosesi tersebut. Bukan berarti pesta pernikahan harus selalu terlihat mewah. 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔